ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 6 No 3 (2024): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MEDIA NEARPOD DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN ISI TEKS DESKRIPSI

Mawaddah, Firda (Unknown)
Utami, Sintowati Rini (Unknown)
Mutmainah, Mutmainah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengkaji penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning dengan media Nearpod dalam meningkatkan pemahaman terhadap isi dalam teks deskripsi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan sebanyak tiga siklus yang melibatkan 32 orang siswa kelas XI di SMAN 21 Jakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model contextual teaching and learning berbantuan media Nearpod dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap teks deskripsi dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini ditunjukkan oleh adanya peningkatan nilai pemahaman teks deskripsi siswa dari 60 pada siklus I, 76 pada siklus II, dan 86 pada siklus III.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

arbitrer

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Arbitrer: Jurnal Pendidikan dan Bahasa Indonesia memuat artikel-artikel ilmiah dalam bidang Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, termasuk Bahasa dan Sastra Daerah, ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa asing. Artikel dapat berupa kajian dan aplikasi teori, hasil penelitian, dan kajian ...