Journal of Indonesian Management
Vol. 4 No. 4 (2024): December

Analisis Kepuasan Siswa terhadap Pembelajaran Kurikulum Merdeka

Ribiana, Alyadea (Unknown)
Ramada Balqis, Najwa Dihan (Unknown)
Kamalia, Zulfa (Unknown)
Afiza, Silva (Unknown)
M.Finanta (Unknown)
Ayu Wulandari (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan siswa terhadap penerapan kurikulum Merdeka di SMAN 1 Taman. Masalah yang diangkat dari penelitian ini adalah bagaimana persepsi siswa kelas XII IPS 1 terhadap pelaksanaan pembelajaran dalam kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif, dengan subjek penelitian sebanyak 36 siswa kelas XII IPS sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui kuisioner yang dirancang untuk mengukur kepuasan siswa terhadap berbagai aspek pembelajaran, seperti metode pengajaran, materi pelajaran, serta fasilitas pendukung. Hasil analisis menunjukkan bahwa mayoritas siswa merasa puas dengan implementasi kurikulum merdeka di sekolah ini, terutama dalam hal kebebasan berpendapat, keterlibatan aktif dalam pembelajaran, dan relevansi materi dengan dunia nyata. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan kurikulum merdeka di SMAN 1 TAMAN telah berhasil memberikan pengalaman belajar memuaskan bagi siswa, meskipun ada beberapa aspek yang perlu di tingkatkan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIM

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

The Journal of Indonesian Management (JIM) covers various research approaches, namely: quantitative, qualitative and mixed methods. The Journal of Indonesian Management (JIM) focuses on various themes, topics and aspects of management, strategic management and entrepreneurship, including (but not ...