Jurna Beta Kimia
Vol 4 No 2 (2024): Volume 4, Nomor 2: November 2024

Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Materi Asam Basa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA 5

Marselina, Maria Sisilia (Unknown)
Kopon, Aloysius M. (Unknown)
Tinenti, Yanti R. (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, ketuntasan hasil belajar dan peningkatan hasil belajar aspek pengetahuan dalam pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah materi asam basa peserta didik kelas XI IPA 5 SMA Negeri 2 Kupang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 5 SMA Negeri 2 Kupang yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan baik dengan skor rata-rata 3,78 dan reliabilitasnya 98%, 2) ketuntasan hasil peserta didik dinyatakan tuntas dengan rata-rata nilai akhir 88,8, dan 3) peningkatan hasil belajar aspek pengetahuan peserta didik tergolong dalam kriteria sedang dengan skor rata-rata N-Gain 0,60. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 5 SMA Negeri 2 Kupang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jbk

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Jurnal Beta Kimia (JBK) dengan e-ISSN: 2807-7938 (online) dan p-ISSN: 2807-7962 (print) adalah Jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Nusa Cendana. Jurnal ini dengan frekuensi terbitan 2 (dua) kali setahun yaitu pada bulan Mei dan November. Jurnal ini berfokus ...