Dedikasi: Journal of Community Engagement and Empowerment
Vol. 2 No. 2 (2024): Desember 2024

Inovasi Pendidikan Berbasis Proyek: Implementasi Diorama Kota Ramah Lingkungan dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

Agustinaningrum, Nur Afni (Unknown)
Sabrina , Nadya Mazayu Nur (Unknown)
Kuswanti, Nur (Unknown)
Krisdiyanti, Diah (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2024

Abstract

Pendidikan karakter menjadi salah satu hal yang perlu diterapkan dalam menghadapi era global. Kurikulum merdeka belajar menjadikan profil pelajar Pancasila sebagai bentuk pendidikan karakter. Salah satu implementasinya melalui P5. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan implementasi diorama kota ramah lingkungan dalam proyek penguatan profil pelajar Pancasila. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan subjek penelitian kelas 11 di SMAN 22 Surabaya. Pengambilan data diperoleh dengan observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah peserta didik berhasil menyusun proyek diorama kota ramah lingkungan dengan penuh inovasi. Setiap peserta didikĀ  bekerja sama untuk menampilkan karya terbaik mereka. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa proyek ini berhasil mengajarkan peserta didik mengenai pentingnya keberlanjutan lingkungan. Peserta didik juga dapat mengimplementasikan elemen elemen profil pelajar Pancasila selama proses penyusunan diorama kota ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dedikasi

Publisher

Subject

Education Other

Description

Dedikasi: Journal of Community Engagement and Empowerment menerima artikel hasil Pengabdian Kepada Masyarakat dan Pemberdayaan Masyarakat. Adapun ruang lingkup dari jurnal ini meliputi Pengabdian Kepada Masyarakat, Pemberdayaan Masyarakat, Kuliah Kerja Nyata, Pendidikan Informal di Masyarakat, dan ...