Pande Nami Jurnal (PNJ)
Vol. 2 No. 4 (2024): Vol. 2 - No. 4 - OKTOBER 2024

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK CAHAYA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD SWASTA HKBP BATU IV

Wiwi Chesmary Saragih (Unknown)
Yanti Arasi Sidabutar (Unknown)
Natalina Purba (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pengaruh Media Pembelajaran Kotak Cahaya Terhadap Hasil Beajar IPA Siswa Keas V SD Swasta HKBP Batu IV Pematangsiantar . Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pre-experimental. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran Kotak Cahaya terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Swasta HKBP IV Pematangsiantar. Hal ini terlihat pada hasil belajar siswa yang memperoleh niai rata-rata pretest 50.40 sedangkan setelah diberikan perlakuan menggunakan media Kotak Cahaya dapat diperoleh niai rata-rata posttest 85.44. Hasil uji t bahwa thitung = 16.626 > ttabel = 2,064 jika thitung > ttabel maka Ho di tolak dan Ha diterima. Diperoleh mean dari data hasil niai uji N-gain yaitu 70,39 dengan klasifikasi tinggi dan kategori efektif. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa Media Kotak Cahaya ini sudah efektif diterapkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pnj

Publisher

Subject

Education Other

Description

Pande Nami Jurnal (PNJ) adalah jurnal yang memuat artikel-artikel dalam bidang pendidikan dasar, kurikulum dan system pengelolaan pembelajaran di pendidikan dasar yang meliputi tematif integratif, serta kebijakan manajemen berbasis kelas di sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP), ...