Almaheer: Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 2 No. 02 (2024): AlMaheer: Jurnal Pendidikan Islam

Peran Guru Dan Orangtua Dalam Mengatasi Dampak Negatif Penggunaan Gadget Pada Siswa: Perspektif Dystopian, Neo-Futuris, dan Teknorealis

Bambang Mudjiyanto (Unknown)
Afkar Khaibar Al Faruqi (Unknown)
Muhammad Daffa Shilbi (Unknown)
Launa (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Tren kenaikan jumlah pengguna gadget dikalangan sisa terus meningkat dari waktu ke waktu. Studi kualitatif berbasis analisis deskriptif ini coba mengurai problematik seputar dampak negatif penggunaan gadget di kalangan siswa menggunakan tiga perspektif analisis, yakni analisis dystopian, neo-futuris, dan teknorealis. Hasil kajian menunjukkan, dampak negatif penggunaan gadget dikalangan siswa adalah terhambatnya pembentukan orientasi, sikap, dan perilaku siswa; terganggunya aspek psikis (siswa menjadi individualis, sensitif, reaktif, pemarah, dan sulit berkomunikasi); terganggunya kesehatan fisik (tingginya angka obesitas dan paparan radiasi elektromagentik yang berpotensi merusak syaraf mata dan otak dikalangan siswa); rendahnya kepasitas literasi dan prestasi belajar siswa; lemahnya kompetensi sosial dan kognitif siswa, serta minimnya parenting dan kerjasama pengawasan antarpihak secara efektif dan integratif. Hasil penelitian merekomendasi urgensi pengawasan guru dan orang tua secara efektif terkait siswa pengguna gadget aktif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

almaheer

Publisher

Subject

Religion Education

Description

AlMaheer : Jurnal Pendidikan Islam merupakan jurnal ilmiah bidang Pendidikan Agama Islam yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Azami Cianjur. Jurnal ini dikelola oleh para dosen dan praktisi yang berasal dari berbagai background perguruan tinggi di Indonesia Khususnya Jawa Barat. ...