Journal of Education, Cultural, and Politics
Vol. 4 No. 3 (2024): Ninth Edition

Peranan budaya sekolah dalam mencegah demoralisasi di kalangan siswa SMA

Ashifa, Nurul (Unknown)
Ananda, Azwar (Unknown)
Montessori, Maria (Unknown)
Fatmariza, Fatmariza (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk demoralisasi di kalangan siswa SMA, mendeskripsikan upaya yang dilakukan sekolah dalam mencegah demoralisasi di kalangan siswa, dan untuk mendeskripsikan peranan budaya sekolah dalam mencegah demoralisasi di kalangan siswa SMAN 2 Batusangkar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Data didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan budaya sekolah dalam mencegah demoralisasi di kalangan siswa SMAN 2 Batusangkar sudah berjalan dengan optimal, hal ini dibuktikan dengan perilaku siswa yang membaik. Sebelumnya terdapat bentuk demoralisasi di kalangan siswa yaitu tidak jujur, kurangnya sopan santun, berperilaku tidak sesuai dengan nilai-nilai moral, semangat belajar menurun, tidak bertanggung jawab, melanggar aturan sekolah, dan kurangnya disiplin diri. Upaya yang dilakukan oleh sekolah untuk mencegah demoralisasi yakni pembentukan program layanan kelas besar atau lintas kelas, melibatkan guru dan siswa dengan aktif di berbagai kegiatan serta dengan memberikan sanksi kepada siswa sesuai dengan tingkatan pelanggaran yang dilakukan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jecco

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Journal of Education, Cultural and Politics (JECCO) invites scholars, researchers, practitioners, and graduate students to submit their empirical original research papers on Education, Cultural and ...