Menara Ilmu
Vol 18, No 2 (2024): Vol 18 No. 02 OKTOBER 2024

Analisis Pembelajaran Haji dan Umrah pada Mata Pelajaran Fiqh di Sekolah Dasar

Putra, Elfi (Unknown)
Rahman, Ikhwan (Unknown)
Kustati, Martin (Unknown)
Sepriyanti, Nana (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2024

Abstract

Pembelajaran haji dan umrah pada mata pelajaran fiqh di sekolah dasar (SD) merupakan aspek penting dalam menanamkan pemahaman dan kecintaan terhadap ibadah rukun Islam kelima sejak dini. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran haji dan umrah di SD berdasarkan literatur yang tersedia. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan pustaka (literature review) dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber seperti jurnal ilmiah, artikel penelitian, dan buku teks. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran haji dan umrah di SD masih perlu ditingkatkan dalam beberapa aspek, seperti penggunaan metode pembelajaran yang variatif, pemanfaatan media pembelajaran yang menarik, dan pengintegrasian nilai-nilai pendidikan karakter. Artikel ini dapat menjadi rujukan untuk peneliti selanjutnya dengan tema yang sama dan untuk Pembelajaran haji dan umrah di SD perlu dioptimalkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan bermakna bagi siswa.       

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

menarailmu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk ...