Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Vol 3, No 2 (2016): JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA

ANALISIS BUKU SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SMP/MTs BERDASARKAN KATEGORI LITERASI SAINS

Endah Wahyu (Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sriwijaya)
apit fathurohman (Dosen Prodi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sriwijaya)
Sardianto Markos (Dosen Prodi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2016

Abstract

Buku teks pelajaran dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Buku siswa adalah buku teks yang dikeluarkan Kemendikbud yang mengacu pada PISA. PISA adalah salah satu program internasional untuk mengukur kemampuan literasi sains siswa berusia 15 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk memperoleh gambaran literasi sains pada buku siswa IPA Kelas VIII SMP/MTs yang dikeluarkan oleh kemendikbud pada tahun 2014. Bab yang dianalisis yaitu Indera Pendengaran dan Sistem Sonar Pada Makhluk Hidup, Indera Penglihatan dan Alat Optik dan Sistem Tata Surya dan Kehidupan di Bumi.Data dijaring dengan lembar kategori yang berisi indikator-indikator literasi sains yang kemudian diidentifikasi pada setiap paragraf. Kemunculan indikator-indikator tersebut diubah ke dalam persentase untuk masing-masing kategori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kategori yang paling banyak muncul adalah kategori pengetahuan sains, yakni sebesar 46,3%. Kategori penyelidikan hakikat sain sebesar 30,2%, kategori sains sebagai cara berpikir sebesar 19,5% dan kategori interaksi sains, teknologi dan masyarakat sebesar 4,0%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa buku siswa yang dianalisis sudah merefleksikan keempat kategori literasi sains namun belum adanya keseimbangan pada keempat kategori tersebut, dimana kategori pengetahuan sains lebih ditekankan dan kategori interaksi sains, teknologi dan masyarakat mendapat proporsi yang paling sedikit.Tapi dari segi keluasan materi yang disajikan dalam buku siswa mata pelajaran IPA kelas VIII SMP/MTs sudah baik. Namun demikian, buku yang ideal belum tentu sesuai dengan kondisi siswa di sekolah, sehingga pemilihan buku ajar tetap harus disesuaikan dengan kondisi yang ada, khususnya kondisi siswa.Apabila buku teks yang dipilih tepat, diharapkan akan lebih meningkatkan pemahaman sains yang pada akhirnya dapat meningkatkan literasi sains.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jipf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika (JIPF) is a peer-reviewed journal that is managed by Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sriwijaya and published by Program Sarjana Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sriwijaya. JIPF is published ...