Penelitian ini dilatarbelakangi oleh model dan media pembelajaran yang masih bersifat konvensional yang mengakibatkan hasil belajar peserta didik banyak berada di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) 75 yang berdampak pada hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran Active Learning menggunakan Bantuan Aplikasi Quizizz terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pokok Konsep Sistem Pembayaran di Kelas X SMA N 4 Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2023-2024. Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA N 4 Padangsidimpuan dan sampel penelitian ini adalah kelas X-1 yang terdiri dari 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes soal. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai rhitung sebesar 0,350. Berdasarkan daftar nilai tabel product moment dengan N = 34 terlihat nilai r pada taraf signifikan 5% sebesar 0,339 ternyata nilai rhitung>rtabelĀ yakni 0,350>0,339. Maka dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Active Learning Menggunakan Bantuan Aplikasi Quizizz dapat Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pokok Konsep Sistem Pembayaran di kelas X SMA N 4 Padangsidimpuan Tahun Pelajaran 2023-2024.
Copyrights © 2024