Bale Aksara
Vol. 5 No. 1 (2024): Articles

PENGARUH MEDIA GAMBAR DAN PERMAINAN PUZZLE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK

Zahra, Febi aulia (Unknown)
Muslihah, Neni Nadiroti (Unknown)
Widyaninsih, Yennie Indriati (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VA yang berjumlah 20 orang sebagai kelas kontrol dan kelas VC yang berjulah 20 orang sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji t. hasil penelitian nunjukkan bahwa penerapan media gambar dan permainan puzzle terhadap pemahaman konsep dan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS lebih baik dan menunjukan pengaruh yang signifikan dari pada yang tidak menggunakan media pembelajaran. hal ini dibuktikan Pada taraf 5% membuktikan bahwa adanya pengaruh media gambar dan permainan puzzle berhasil meningkatkan pemahaman konsep dan minat belajar peserta didik pada pembelajaran IPS kelas V SD Kartika Siliwangi 3, dapat dilihat dengan to 2.03 > 1.90 untuk pemahaman konsep dan to 2.03 > 1.45 untuk minat belajar. Terdapat perbedaan antara kelas kontrol dan eksperimen, hasil kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol. Sehingga dapat dikatakan bahwa media gambar dan permainan puzzle dapat digunakan sebagai alternatif dalam proses pembelajaran didalam kelas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

baleaksara

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus and Scope Artikel di Bale Aksara: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar IPI Garut harus mengikuti fokus dan ruang lingkup jurnal ini. Fokus dan ruang lingkup jurnal ini dimaksudkan agar artikel tersaji sesuai bidang keahliannya. Adapuan fokus dan ruang lingkup tersebut diantaranya adalah: 1. ...