Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meninjau literatur mengenai penerapan konseling individu yang menggunakan teknik Cognitive Behavioral Therapy (CBT) dalam memotivasi belajar siswa. CBT membantu mengidentifikasi dan mengubah pola pikir negatif yang menghambat motivasi, seperti rasa cemas, ragu, atau takut gagal, serta mendorong penerapan perilaku positif seperti pembuatan jadwal belajar efektif, pengaturan waktu yang baik, dan pencarian bantuan saat diperlukan dan merupakan salah satu faktor risiko yang signifikan. Metode Konseling Individu berbasis CBT diyakini dapat membantu siswa mengidentifikasi dan mengubah pola pikir negatif serta meningkatkan kesadaran diri mereka. Melalui analisis literatur dari berbagai sumber yang kredibel, artikel ini mengeval_uasi penerapan intervensi tersebut dengan melihat hasil-hasil penelitian sebelumnya, melalui studi kasus yang relevan. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa Konseling Individu berbasis CBT memberikan dampak positif yang signifikan dalam meningkatkan motivasi siswa. Temuan ini mendukung penggunaan metode ini sebagai intervensi yang efektif dalam setting pendidikan. Artikel ini juga membahas implikasi praktis dari temuan tersebut serta saran untuk penelitian lebih lanjut di masa mendatang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024