JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan
Vol 8, No 2 (2024): MEI (JIKAP PGSD)

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Canva Terhadap Minat Belajar PAI Siswa

Mujahidah, Mujahidah (Unknown)
Ayni, A. Nur Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis eskperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan minat belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran aplikasi Canva. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN 234 Pattiro dengan sampel sebanyak 24 siswa yang dipilih dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengetahui minat belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran aplikasi Canva. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diperoleh bahwa pre-nontest minat belajar PAI siswa berada pada kategori rendah dan post-nontest minat belajar PAI siswa berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial menggunakan uji paired samples test menunjukkan bahwa nilai sig 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan minat belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran aplikasi Canva di kelas V SDN 234 Pattiro. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat pengaruh penggunaan media aplikasi Canva terhadap minat belajar siswa kelas V SDN 234 Pattiro Kecamatan Mare Kabupaten Bone

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIKAP

Publisher

Subject

Education

Description

JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan merupakan Jurnal Pendidikan dan pembelajaran yang dikelola secara proses peer review, menerima Artikel tentang Pendidikan, Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. Jurnal JIKAP PGSD mulai tahun 2019 terbit 3 kali dalam setahun yaitu bulan Januari, Mei dan ...