JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan
Vol 8, No 3 (2024): SEPTEMBER (JIKAP PGSD)

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Keaktifan Belajar IPS Siswa Kelas IV SD

Rosmalah, Rosmalah (Unknown)
Rahmi, Sitti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Penelitian ini terdapat dua variabel yaitu model pembelajaran problem posing dan keaktifan belajar IPS. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV dengan pengambilan sampel keseluruhan populasi yaitu seluruh siswa kelas IV SDN 179 Samaenre yang berjumlah sebanyak 18 Siswa. Pengumpulan yaitu berupa angket (kuesioner) dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif yang meliputi teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran problem posing siswa kelas IV SDN 174 Samaenre Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Bone berada dalam kategori sangat baik. Sedangkan keaktifan belajar siswa kelas IV SDN 174 Samaenre Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Bone berada dalam kategori sedang. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran problem posing dan keaktifan belajar IPS siswa kelas IV SDN 174 Samaenre Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Bone.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIKAP

Publisher

Subject

Education

Description

JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan merupakan Jurnal Pendidikan dan pembelajaran yang dikelola secara proses peer review, menerima Artikel tentang Pendidikan, Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. Jurnal JIKAP PGSD mulai tahun 2019 terbit 3 kali dalam setahun yaitu bulan Januari, Mei dan ...