EBTIDA' : Jurnal Pendidikan Dasar Islam
Vol 4 No 2 (2024): December 2024

PENERAPAN MEDIA BENDA KONKRET DALAM METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD

Izza Khamidah (Unknown)
Yuris Indria Persada (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2024

Abstract

Kegiatan pembelajaran IPAS di kelas IV SDN Negeri 01 Talun tampak monoton, membuat siswa cepat bosan, dan berdampak pada minat dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPAS di kelas IV SD dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui tahapan pra siklus, siklus I, dan siklus II. Hasil penelitian memperlihatkan penerapan media benda konkret melalui metode demonstrasi pada pembelajaran IPAS dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS. Minat belajar siswa hanya 40% pada pembelajaran awal, tetapi meningkat hingga 66% di siklus I dan 80% siklus II. Pada akhir siklus, minat belajar siswa mendapat kriteria "tinggi". Selain itu, ditandai juga dengan meningkatnya hasil belajar siswa. Nilai rata-rata kelas hanya mencapai 63 pada pembelajaran awal, kemudian naik menjadi 77,93 pada pembelajaran I serta 83,57 pada pembelajaran II.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ebtida

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

EBTIDA: Journal of Islamic Basic Education is an open peer-reviewed journal published by the Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Study Program (PGMI) Faculty of Islamic Sciences, Raden Rahmat Islamic University (UNIRA) Malang. This journal contains scientific manuscripts on Islamic Basic Education ...