JGSD : Jurnal Guru Sekolah Dasar
Vol. 1 No. 4 (2024): Jurnal Guru Sekolah Dasar Bulan Desember 2024

Peningkatan Literasi Siswa Melalui Model Problem-Based Learning di Sekolah Dasar

Jumaidin, Jumaidin (Unknown)
Adiansha, Adi Apriadi (Unknown)
Mulyadi, Mulyadi (Unknown)
Irawan, Ady (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi siswa di SD Islam Mananga melalui penerapan model Problem-Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian sebanyak 80 siswa. Indikator literasi yang dianalisis meliputi kemampuan membaca dan menulis, pemahaman teks, pemanfaatan informasi, kesadaran multikonteks, dan keterampilan komunikasi. Selama proses penelitian, peneliti melibatkan siswa dalam pemecahan masalah nyata yang relevan dengan kehidupan mereka, dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan literasi mereka secara menyeluruh. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan berbagai aspek literasi siswa, termasuk kemampuan membaca dan menulis, serta pemahaman teks yang lebih mendalam. Selain itu, siswa juga menunjukkan peningkatan dalam pemanfaatan informasi, kesadaran terhadap konteks yang lebih luas, dan kemampuan komunikasi yang lebih efektif. Dengan demikian, model PBL terbukti efektif dalam meningkatkan literasi siswa SD Islam Mananga, dan dapat menjadi alternatif metode pembelajaran yang dapat diterapkan di sekolah-sekolah lain untuk meningkatkan kualitas literasi siswa secara keseluruhan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Guru SD adalah jurnal akses terbuka peer-review yang didirikan oleh Forum Guru Wiyata Bhakti (FGWB) yang berkedudukan di Kabupaten Grobogan. Jurnal ini berfungsi sebagai platform penting yang didedikasikan untuk menerbitkan artikel penelitian berkualitas tinggi, makalah ulasan, dan studi ...