Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi siswa di SD Islam Mananga melalui penerapan model Problem-Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian sebanyak 80 siswa. Indikator literasi yang dianalisis meliputi kemampuan membaca dan menulis, pemahaman teks, pemanfaatan informasi, kesadaran multikonteks, dan keterampilan komunikasi. Selama proses penelitian, peneliti melibatkan siswa dalam pemecahan masalah nyata yang relevan dengan kehidupan mereka, dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan literasi mereka secara menyeluruh. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan berbagai aspek literasi siswa, termasuk kemampuan membaca dan menulis, serta pemahaman teks yang lebih mendalam. Selain itu, siswa juga menunjukkan peningkatan dalam pemanfaatan informasi, kesadaran terhadap konteks yang lebih luas, dan kemampuan komunikasi yang lebih efektif. Dengan demikian, model PBL terbukti efektif dalam meningkatkan literasi siswa SD Islam Mananga, dan dapat menjadi alternatif metode pembelajaran yang dapat diterapkan di sekolah-sekolah lain untuk meningkatkan kualitas literasi siswa secara keseluruhan
Copyrights © 2024