Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kels VIII SMP Negeri Binuang.Hasil belajar matematika meliputi indikator yaitu: (1) kognitif, (2) Subjek berjumlah 19 Siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian terdiri dari : (1) Lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, (2) Lembar observasi akivitas siswa (3) Tes Hasil belajar matematika siswa.Lembar observasi dianalisis secara kualitatif sedangkan tes hasil belajar matematika dianalisis secara kuantitatif.dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data kualitatif pada lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran model Project Based Learning dengan media aplikasi Canva pada siklus I diperoleh 88,41% pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 91,67%.Berdasarkan hasil analisis data pada lembar observasi aktivtas siswa, diperoleh pada siklus I 88,41% dan pada siklus II diperoleh 90,73% sedangkan pada tes hasil belajar matematika siswa diperoleh 31,53% meningkat menjadi 89,47% pada siklus II.Berdasarkan hasil analisis data kualitatif dan kuantitatif dapat disimpulkan bahwa model Pproject Based Learning dengan menggunakan media aplikasi Canva dapat meningkatkan hasil bellajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri Binuang.
Copyrights © 2024