Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP)
Vol 4 No 3 (2024): Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP)

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar

Suryani, Ida (Unknown)
Permatasari, Anggi (Unknown)
Jayanti, Jayanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena kurangnya pemanfaatan teknologi dalam penggunaan media pembelajaran khususnya materi keanekaragaman suku bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis aplikasi macromedia flash pada mata pelajaran IPS kelas V SD yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan berdasarkan tahapan-tahapan model ADDIE meliputi analyze, design, development, implementation, dan evaluate. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai kevalidan keseluruhan sebesar 94% dengan kategori valid. Hasil angket respon siswa yaitu one to one dan small group dengan rata-rata keseluruhan sebesar 97,03% dengan kategori praktis. Serta uji lapangan dengan test didapat rata-rata persentase nilai sebesar 91,87% dengan kategori efektif. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi macromedia flash pada mata pelajaran IPS kelas V SD yang dikembangkan tergolong media yang valid, praktis, dan efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jiepp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

JIEPP-Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) dengan Focus & Scope pada bidang: Inovasi Pembelajaran, Implementasi Teori & Manajemen Pendidikan, Evaluasi Pembelajaran, Pengembangan Teknik, Model & Perangkat Pembelajaran, Teknologi Pendidikan, Evaluasi dan Pengembangan ...