J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Vol 5, No 3 (2024): OKTOBER

PENGARUH PEDAGOGICAL KNOWLEDGE, EFIKASI DIRI TERHADAP KINERJA PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP) MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI

Rohmah, Fatikhatur (Unknown)
Octoria, Dini (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2024

Abstract

Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) merupakan program yang ditujukan untuk melatih kesiapan mengajar mahasiswa. Kinerja mahasiswa dalam melaksanakan PLP dapat diukur dengan berbagai cara, salah satunya melalui nilai PLP. Namun nilai PLP yang diperloeh mahasiswa tidak selaras dengan fenomena di lapangan yang menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami beberapa kendala dalam melaksanakan PLP. Tujuan penelitian ini guna mengetahui pengaruh pedagogical knowledge dan efikasi diri terhadap kinerja PLP mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian populasi. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik total sampling sehingga diperoleh sampel sejumlah 95 yang merupakan mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret angkatan 2020. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan angket dan dokumen nilai PLP. Analisis data penelitian menggunakan regresi linier berganda. Hasil membuktikan pedagogical knowledge dan efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja PLP mahasiswa Pendidikan Ekonomi secara parsial serta secara simultan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

J-KIP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) merupakan jurnal untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang Pendidikan. Terbit secara berkala satu tahun tiga kali yakni pada bulan Februari, Juni dan Oktober. J-KIP dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh dan ...