J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Vol 5, No 3 (2024): OKTOBER

Upaya Pemberdayaan Keterampilan Literasi Membaca Siswa SDN Gemah Dalam Mendukung Keberhasilan Gerakan Literasi Nasional

Purnama Sari, Novia Ratna (Unknown)
Purnamasari, Veryliana (Unknown)
Wijayanti, Arfilia (Unknown)
Widyastuti, Nora (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2024

Abstract

Keterampilan literasi membaca harus terus dikembangkan agar memiliki kemampuan menangkap dan memproses informasi dengan baik. Di lingkungan sekolah kemampuan ini dikembangkan dengan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang terintegrasi dengan program Gerakan Literasi Nasional (GLN) oleh Kemendikbud. Setiap sekolah diberikan kebebasan untuk merancang program kegiatan GLS sebagai upaya memberdayakan keterampilan literasi membaca siswa. Tujuan penetilian ini untuk mengetahui penyelenggaraan dan pencapaian program pengembangan keterampilan literasi membaca di SDN Gemah dalam mendukung keberhasilan GLN. Desain penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun informan yang terlibat meliputi kepala sekolah, guru kelas tinggi, dan siswa kelas V tahun ajaran 2023/2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program kegiatan dalam GLS di SDN Gemah dilakukan dengan tahap pembiasaan melalui kegiatan kamis literasi dan penyediaan perpustakaan serta sudut baca di tiap kelas, tahap pengembangan melalui workshop literasi bagi guru dan talkshow interaktif dalam festival literasi numerasi bagi siswa, dan tahap pembelajaran dilakukan dengan mengintegrasikan literasi membaca dalam kegiatan pembelajaran, serta menyusun soal evaluasi HOTS sesuai tipe soal AKM. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa program tersebut berhasil meningkatkan keterampilan literasi membaca sebesar 96,67%. Implementasi GLS yang efektif di SDN Gemah memberikan kontribusi positif terhadap GLN di Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

J-KIP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) merupakan jurnal untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang Pendidikan. Terbit secara berkala satu tahun tiga kali yakni pada bulan Februari, Juni dan Oktober. J-KIP dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh dan ...