Keterampilan literasi membaca harus terus dikembangkan agar memiliki kemampuan menangkap dan memproses informasi dengan baik. Di lingkungan sekolah kemampuan ini dikembangkan dengan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang terintegrasi dengan program Gerakan Literasi Nasional (GLN) oleh Kemendikbud. Setiap sekolah diberikan kebebasan untuk merancang program kegiatan GLS sebagai upaya memberdayakan keterampilan literasi membaca siswa. Tujuan penetilian ini untuk mengetahui penyelenggaraan dan pencapaian program pengembangan keterampilan literasi membaca di SDN Gemah dalam mendukung keberhasilan GLN. Desain penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun informan yang terlibat meliputi kepala sekolah, guru kelas tinggi, dan siswa kelas V tahun ajaran 2023/2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program kegiatan dalam GLS di SDN Gemah dilakukan dengan tahap pembiasaan melalui kegiatan kamis literasi dan penyediaan perpustakaan serta sudut baca di tiap kelas, tahap pengembangan melalui workshop literasi bagi guru dan talkshow interaktif dalam festival literasi numerasi bagi siswa, dan tahap pembelajaran dilakukan dengan mengintegrasikan literasi membaca dalam kegiatan pembelajaran, serta menyusun soal evaluasi HOTS sesuai tipe soal AKM. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa program tersebut berhasil meningkatkan keterampilan literasi membaca sebesar 96,67%. Implementasi GLS yang efektif di SDN Gemah memberikan kontribusi positif terhadap GLN di Indonesia.
Copyrights © 2024