Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis peran, hubungan, dampak, serta tantangan utama dalam upaya pengembangan budaya literasi di SDN Antasan Besar 1 Banjamasin. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan subjek berupa kepala sekolah, guru, dan peserta didik di SDN Antasan Besar 1 Banjarmasin. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilaksanakan dengan kepala sekolah, guru, dan peserta didik untuk memahami bagaimana budaya literasi dapat mempengaruhi minat baca peserta didik di SDN Antasan Besar 1. Hasil penelitian menunjukkan penerapan budaya literasi yang melibatkan guru, orang tua, dan lingkungan secara menyeluruh dapat mendorong minat baca peserta didik. Aktivitas seperti agenda membaca rutin, pemberian buku yang menarik, serta menciptakan lingkungan yang mendukung kegiatan literasi terbukti efektif dalam menarik minat dan memperkuat kebiasaan membaca di kalangan peserta didik. Penelitian ini menyimpulkan budaya literasi yang kuat dan konsisten di tingkat sekolah dasar sangat berperan dalam meningkatkan minat baca peserta didik, yang berdampak memberikan pengaruh baik terhadap prestasi akademik mereka.
Copyrights © 2024