Lingue : Jurnal Bahasa, Budaya, dan Sastra
Vol. 6 No. 2 (2024): Indonesian Language and Literature Studies

AMTSAL AL-QUR’AN DAN RELEVANSINYA SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK

Fitriah (Unknown)
Nirmala (Unknown)
Rais TM, Ahmad (Unknown)
Rabbani, Amril (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2024

Abstract

Abstrak Salah satu dari tujuan pembelajaran adalah mampu meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik. Kemampuan kognitif peserta didik dalam pembelajaran dapat meningkat bila pendidik mampu dan kreatif mengembangkan kemampuan daya pikir peserta didik yang meliputi hal pengamatan, analisa, korelasi dan lain-lain. Untuk mencapai hal tersebut dalam pembelajaran, dibutuhkan sebuah metode yang tepat dalam menyampaikan materi pembelajaran. Amtsal adalah metode yang membantu peserta didik meningkatkan keterampilan kognitifnya. Amtsal adalah gaya bahasa al-Qur’an yang menggunakan perumpamaan sebagai cara menyampaikan petunjuk dari ayat al-Qur’an. Amtsal Al-Qur’an dengan mudah dapat menggugah pikiran untuk memahami makna yang dimaksudkan dari ayat-ayat Al-Qur’an, serta dapat meninggalkan kesan dan pengaruh dalam jiwa, bukan sekedar bentuk komunikasi langsung. Metode amtsal memudahkan memudahkan dalam memahami mata pelajaran. khususnya terkait pelajaran yang sulit dicerna oleh akal pikiran, baik karena materinya yang terkesan abstrak, maknanya sulit dipahami hingga bahasanya yang kurang menarik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan amtsal al-Qur’an dan relevansinya yang dapat berperan sebagai metode pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik. Kata kunci: Amtsal al-Qur’an, metode pembelaran, metode amtsal, kemampuan kognitif

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

lingue

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Lingue merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pusat Pengembangan Bahasa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon mulai tahun 2019. Jurnal ini memuat tulisan ilmiah berupa hasil penelitian atau gagasan konseptual tentang kajian kebahasaan, kebudayaan, dan sastra. Penulis dalam jurnal ini ...