ABSTRACT Research background: 1) more and more female students wear the veil. 2) negative stigma towards female students who wear the veil. 3) regulations regarding the veil during lectures are needed. 4) pros and cons regarding the veil during lectures. Research objectives: 1) to find out the lecturers' views about female students who wear the niqab in the lecture process. 2) to find out the positive and negative impacts of female students wearing the veil during the lecture process. The method of study employed in this research is qualitative. The results: This perception includes views about the veil in general, positive and negative impacts, and attitudes towards female students who wear the veil, divided into two large groups. Some lectures argued that the veil does not need to be a problem. They must still be treated well. Meanwhile, others perceived that female students who wear the veil during the lecture process are not good from an educational perspective. Because there are negative impacts whose consequences are quite fatal, namely the potential for cheating and fraud. Knowing the faces of female students is a must to avoid this. so there are lecturers who ask you to remove the veil personally. ABSTRAK Latar belakang penelitian: 1) semakin banyak mahasiswi bercadar. 2) stigma negatif terhadap mahasiswi bercadar. 3) dibutuhkan regulasi tentang cadar saat perkuliahan. 4 ) pro kontra tentang cadar saat perkuliahan. Tujuan penelitian: 1) untuk mengetahui pandangan dosen tentang mahasiswi bercadar dalam proses perkuliahan. 2) untuk mengetahui dampak positif dan negatif mahasiswi bercadar saat proses perkuliahan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang dilakukan di Fakultar Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sumetera Utara. Hasil penelitian: persepsi dosen tentang mahasiswi bercadar saat perkuliahan meliputi pandangan tentang cadar secara umum, dampak positif dan negatif, dan sikap terhadap mahasiswi bercadar, terbagi menjadi dua kelompok besar. Sebagian mempersepsikan hal tersebut merupakan bagian dari hak mahasiswi yang memakainya, sehingga tidak perlu dipermasalahkan. Mereka harus tetap disikapi dengan baik sama seperti mahasiswi lainnya. Selain itu, memakai cadar juga tidak berdampak negatif persepektif pendidikan. Sedangkan sebagian lainnya mempersepsikan mahasiswi yang bercadar saat proses perkuliahan kurang baik dari perspektif pendidikan. Karena terdapat dampak negatif yang konsekuensinya cukup fatal, yaitu berpotensi terjadi kecurangan dan penipuan. Mengenal wajah mahasiswi merupakan sebuah keharusan untuk menghindari hal tersebut. Oleh karena itu saat proses perkuliahan mesti ada tretman tertentu, yaitu dengan memohon untuk membuka cadarnya secara personal kepada dosen.
Copyrights © 2024