Jurnal Pengabdian Sosial
Vol. 2 No. 2 (2024): Desember

Pelatihan Tari Tidi Lo O’Ayabu di SMP Negeri 1 Kabila Bone Sebagai  Bentuk Objek Pemajuan Kebudayaan Daerah Kawasan Teluk Tomini

Djafar, Nurlia (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2024

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk melestarikan dan mempromosikan Tari Tidi Lo O’Ayabu sebagai bagian dari kebudayaan daerah di kawasan Teluk Tomini melalui pelatihan di SMP Negeri 1 Kabila Bone. Tari ini memiliki nilai historis dan sosial yang penting bagi masyarakat setempat. Dalam pelatihan ini, peserta diajarkan teknik dasar tari, filosofi di balik gerakan, serta pentingnya menjaga warisan budaya. Metode yang digunakan meliputi pendekatan partisipatif dengan melibatkan siswa dan guru. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman siswa terhadap budaya lokal dan rasa bangga terhadap warisan daerah. Selain itu, kegiatan ini berhasil membangun kesadaran kolektif dalam upaya pelestarian seni tradisional. Diharapkan, inisiatif ini dapat menginspirasi program serupa di sekolah lain dan mendukung pemajuan kebudayaan di Teluk Tomini. Tari tradisional adalah representasi budaya lokal. Peserta didik dapat memperoleh pemahaman tentang prinsip budaya yang terkandung dalam gerakan dan ekspresi tarian tradisional dengan mempelajarinya mereka dapat merasakan dan menghargai keberagaman budaya dalam konteks yang lebih luas. Melalui pelatihan yang diadakan, siswa tidak hanya diajarkan gerakan tari, tetapi juga nilai-nilai budaya dan sejarah yang terkandung di dalamnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jps

Publisher

Subject

Religion Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Sosial published every month (12 times a year), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, Economics, ...