Chatra: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 3 (2024): Chatra: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

Analisis Faktor Pemicu Malas Belajar Pada Peserta Didik Dan Dampaknya Terhadap Prestasi Akademik

Ilvi Sriwahyuni, Ilvi Sriwahyuni (Unknown)
Juliana Batubara (Unknown)
Nurfarida Deliani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan kemalasan belajar pada peserta didik, menganalisis dampaknya terhadap prestasi akademik, serta memberikan rekomendasi untuk mengatasinya. Fokus penelitian mencakup faktor internal, seperti rendahnya motivasi intrinsik, kelelahan, dan kurangnya minat terhadap materi pelajaran, serta faktor eksternal, seperti pengaruh media sosial, metode pengajaran, dan lingkungan keluarga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelelahan menjadi faktor internal utama yang memicu kemalasan belajar dengan rata-rata skor 67,1%, sementara pengaruh media sosial menjadi faktor eksternal dominan dengan rata-rata skor 67,75%. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan perlunya kolaborasi antara pendidik dan orang tua untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung serta penerapan strategi pembelajaran yang inovatif guna meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

chatra

Publisher

Subject

Aerospace Engineering Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Chatra; Jurnal Pendidikan dan Pengajaran memiliki fokus utama pada penelitian, tinjauan teoritis, dan konsep-konsep konseptual yang berkaitan dengan berbagai aspek pendidikan di semua tingkat, termasuk sekolah dasar, menengah, dan pendidikan tinggi. Ruang lingkupnya mencakup analisis kurikulum, ...