Shibyan: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol. 2 No. 1 (2024): Juni

PenerapanMetodeTalkingStickUntukMeningkatkanHasilBelajarMata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III MI Ar-Raudhah

Aulia Azizah (Unknown)
M. Syabrina (Unknown)
Sulistyowati, Sulistyowati (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas III MI Ar-Raudhah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah yaitu : 1) Pelaksanaan metode talking stick 2) Peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode talking stick dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III MI Ar-Raudhah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan McTagart yang terdiri dari aspek perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dengan guru wali kelas III, tes dan dokumentasi. Teknis analisis yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian 1) Pelaksanaan metode  dapat dilihat dari rata-rata aktivitas guru pada siklus I sebesar 86,25% dan siklus II sebesar 96,25%. Adapun aktivitas siswa pada siklus I sebesar 77,63% dan siklus II sebesar 96,05%. Berdasarkan hasil penelitian 2) Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia hal ini dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 60% dan siklus II sebesar 80%. Berdasarkan hasil perhitungan N gain pada siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata N gain sebesar 0,41 dengan katagori “Sedang”. N gain pada siklus II menunjukkan bahwa nilai rata-rata sebesar 0,76 dengan katagori “Tinggi”. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa metode Talking Stick meningkat hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III MI Ar-Raudhah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JURSHIBYAN

Publisher

Subject

Education

Description

Shibyan: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (e-ISSN 3026-1104; p-ISSN 3026-0175) diterbitkan dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan bulan Desember oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Agama Islam Universitas Islam Nusantara Bandung. Menerbitkan artikel hasil ...