Journal of Innovation and Teacher Professionalism
Vol. 3 No. 2 (2025)

Kajian Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Pengaruh Capaian Pembelajaran Peserta Didik di Sekolah Dasar Negeri Kota Malang

Ronald, Ronald (Unknown)
Murti, Ajeng Krisna (Unknown)
Fadhillah, Alfiah Lailatul (Unknown)
Solichah, Elis Noviatus (Unknown)
Shoolikhah, Luthfiya `Aqidatu (Unknown)
Umayah, Siti (Unknown)
Rufiana, Intan Sari (Unknown)
Sholihah, Mar`atus (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2024

Abstract

Kurikulum Merdeka, sebagai inisiatif baru dalam pendidikan Indonesia, mengha­dapi sejumlah tantangan yang teridentifikasi melalui studi literatur terbaru. Pe­nelitian menggunakan metode analisis literatur untuk mengevaluasi data dari artikel-artikel relevan sejak tahun 2021 hingga 2023. Hasil penelitian menyoroti be­berapa masalah utama dalam implementasi Kurikulum Merdeka. Pertama, infra­struktur pendidikan yang tidak memadai, seperti kekurangan ruang kelas yang layak dan akses terbatas terhadap teknologi, menjadi tantangan signifikan. Kedua, pe­ningkatan kapasitas guru dalam mengintegrasikan teknologi dalam pembel­ajaran menjadi krusial, mengingat Kurikulum Merdeka sangat bergantung pada pendekat­an berbasis teknologi. Evaluasi pembelajaran yang efektif juga menjadi fokus utama, membutuhkan pendekatan holistik yang berorientasi pada proses belajar. Masalah sosial ekonomi siswa, lingkungan belajar di rumah, serta peran orang tua dalam mendukung pembelajaran juga memainkan peran penting dalam kesuk­sesan Kurikulum Merdeka. Upaya kolaboratif antara pemerintah, sekolah, dan komunitas pendidikan sangat diperlukan untuk mengatasi tantangan ini. Dengan memperkuat infrastruktur, meningkatkan pelatihan guru, dan menyesuaikan ke­bijakan dengan kebutuhan aktual di lapangan, Kurikulum Merdeka diharapkan dapat berfungsi secara optimal dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indo­nesia. Visi ini bertujuan untuk mempersiapkan generasi masa depan yang kompe­ten dan adaptif dalam menghadapi perubahan zaman.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ppg

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JITPro is fundamentally concerned with the improvement of teacher education, curriculum, policy, and in-service training. Besides these, the journal also accepts researches related to the problems of teacher educators and researchers in the field of educational ...