PARAMUROBI
Vol 7 No 2 (2024): PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

KONSEP BELAJAR TANPA BERMAIN DAN PENERAPANNYA DI LEMBAGA KUTTAB AL-FATIH DALAM PERPEKTIF PSOKOLOGI BELAJAR KONTEMPORER (STUDI ANALISIS KRITIS)

Fathoro, Nurul (Unknown)
Gumiandari, Septi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2024

Abstract

Belajar sambil bermain merupakan salah satu solusi untuk mengurangi ketegangan dan kejenuhan siswa ditengah proses pembelajaran. Namun, di Kuttab Al-fatih dalam proses pembelajaran terdapat adab-adab yang harus dikedapankan, sehingga antara belajar dan bermain tidak dapat dilakukan dalam waktu yang bersamaan. Tujuan penelian ini adalah (1) Mengidentifikasi Konsep Belajar Tanpa Bermain di Lembaga Kuttab Al-Fatih, (2) Menganalisis Dampak Penerapan Konsep Belajar Tanpa Bermain terhadap Prestasi dan Perkembangan Siswa, dan (3) Mengevaluasi Penerapan Konsep Belajar Tanpa Bermain dalam Perspektif Psikologi Belajar Kontemporer. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi analisis kritis. Teknik pengumpulan data yang diaplikasikan adalah observasi partisipatif pasif, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Penelitian ini menemukan bahwa (1) Pendekatan ini unik karena meskipun secara eksplisit memisahkan elemen bermain dari proses pembelajaran tradisional, Kuttab Al-Fatih mengintegrasikan aspek-aspek pembelajaran yang kaya akan nilai-nilai moral dan agama melalui metode halaqah dan cerita dari Al-Qur'an. (2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan ini efektif dalam meningkatkan prestasi akademik siswa, seperti kemampuan membaca Al-Qur'an dan memahami mata pelajaran umum. Selain itu, perilaku positif seperti kedisiplinan dan kemandirian dalam aktivitas sehari-hari juga terbentuk dengan baik. (3) Dengan menggabungkan prinsip-prinsip dari teori sosiokultural Vygotsky, konstruktivis Bruner, dan kecerdasan majemuk Gardner, pendekatan ini tidak hanya memfasilitasi transfer pengetahuan tetapi juga mendukung pembentukan karakter yang kuat dan adaptif. Kesimpulan ini menegaskan bahwa, meskipun tidak ada unsur bermain tradisional yang ditekankan, kebutuhan perkembangan anak tetap terpenuhi melalui kegiatan yang dirancang untuk mendukung pembelajaran interaktif dan perkembangan emosional yang stabil. Penelitian ini memberikan wawasan penting tentang bagaimana pendekatan holistik yang menggabungkan nilai-nilai agama dan moral dapat diterapkan dalam pendidikan dasar untuk mendukung perkembangan akademik dan karakter siswa secara optimal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

paramurobi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Jurnal ini memuat artikel yang ditulis berdasarkan hasil penelitian lapangan dan pustaka. Penerbitan jurnal mencakup berbagai dimensi pendidikan, seperti kurikulum, pembelajaran, evaluasi, ...