Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Interaksi Sosial Siswa di Sekolah Dasar. Populasi penelitian ini adalah Seluruh Siswa Kelas V SD Negeri 109 Lengora Pantai dan sampel di penelitian ini adalah siswa Kelas V SD Negeri 109 Lengora Pantai sebanyak 14 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan Angket dan kemudian dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan perhitungan diperoleh harga Fhitung (1,160) > Ftabel (0,114). Oleh karena itu harga Fhitung lebih besar dari Ftabel maka artinya hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima. Hasil penelitian menunjukkan kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap interaksi sosial. Hasil ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dapat dijadikan upaya meningkatkan interaksi sosial siswa kelas V SD.
Copyrights © 2024