Journal of Education Sciences: Fondation & Application
Vol 3 No 2 (2024): November

Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Interaksi Sosial Peserta didik di Sekolah Dasar

Saputra, Erwin Eka (Unknown)
La Sisi (Unknown)
Muh Deni Pratama (Unknown)
Jusman (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Interaksi Sosial Siswa di Sekolah Dasar. Populasi penelitian ini adalah Seluruh Siswa Kelas V SD Negeri 109 Lengora Pantai dan sampel di penelitian ini adalah siswa Kelas V SD Negeri 109 Lengora Pantai sebanyak 14 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan Angket dan kemudian dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan perhitungan diperoleh harga Fhitung (1,160) > Ftabel (0,114). Oleh karena itu harga Fhitung lebih besar dari Ftabel maka artinya hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima. Hasil penelitian menunjukkan kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap interaksi sosial. Hasil ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dapat dijadikan upaya meningkatkan interaksi sosial siswa kelas V SD.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jesfa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Ruang lingkup artikel ilmiah yang dapat diterbitkan dalam Journal of Education Sciences: Fondation & Application ini adalah sebagai berikut: 1. Community Development 2. Learning Models 3. Training and Courses 4. Informal Education 5. PAUD Setiap artikel yang akan diterbitkan akan menjalani proses ...