Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi
Vol 7 No 2 (2024): Edu Sociata : Jurnal Pendidikan Sosiologi

Inklusi Sosial Dalam Pemberdayaan Masyarakat: Studi Pengembangan Desa Wisata Di Desa Tadho Kabupaten Ngada

Hutasoit, Jenni (Unknown)
Pitoyo, Dhanu (Unknown)
Fauzi, M.Zainuddin Lutfi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi penerapan inklusi sosial dalam pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan desa wisata di Desa Tadho, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur. Desa ini memiliki potensi wisata berbasis budaya dan alam yang luar biasa, seperti tenun tradisional, adat istiadat, serta keindahan pegunungan dan pantai. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini, melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data dari berbagai pihak, termasuk pemerintah desa, masyarakat setempat, dan tokoh adat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inklusi sosial mampu meningkatkan partisipasi masyarakat, khususnya kelompok rentan seperti perempuan dan pemuda, dalam pengelolaan wisata, pengembangan produk lokal, dan pelestarian budaya. Selain itu, pendekatan ini berhasil menciptakan manfaat ekonomi, sosial, dan budaya yang merata bagi masyarakat. Penggunaan teknologi digital, seperti situs web promosi desa wisata, juga berkontribusi signifikan dalam meningkatkan aksesibilitas dan eksposur Desa Tadho sebagai destinasi wisata berkelanjutan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa inklusi sosial merupakan elemen kunci dalam pemberdayaan masyarakat yang mendukung pengembangan desa wisata secara adil dan berkelanjutan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ES

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Edu Sociata adalah jurnal program studi pendidikan sosiologi STKIP Bima yang merupakan jurnal online (online journal system), dimana para dosen dapat mempublikasikan hasil penelitiannya secara berkala. Di jurnal ini para dosen aktif melakukan penelitian sebagaimana tuntutan Tri Dharma Perguruan ...