Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan secara mendalam praktik asesmen pembelajaran pada kurikulum Merdeka di pendidikan anak usia dini. Penelitian dilakukan pada empat lembaga PAUD di Kota Palembang. Jenis penelitian menggunakan metode kualitatif dengan melakukan pengumpulan data melalui observasi, interview dan dokumentasi. Interview dilakukan dengan kepala sekolah dan pendidik sejumlah empat orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk penilaian yang digunakan pendidik berupa lembar pengamatan ceklist, penilaian portofolio dan penilaian hasil karya, dalam menyusun penilaian ditemukan menggunakan format pada kurikulum 2013, terdapat dokumen penilaian yang dilakukan pendidik dengan menggunakan foto berseri yang mengacu pada kurikulum Merdeka tapi belum maksimal, kesulitan dalam merumuskan alur tujuan pembelajaran dan mengintegrasikan dengan bentuk penilaian, pada pelaksanaan penilaian pendidik masih terfokus ke indikator STPPA sehingga dalam menggunakan lembar pengamatan belum merujuk pada profil pelajar Pancasila, hasil penilaian dan pelaporan penilaian perkembangan anak belum terdokumentasi dengan baik. Implikasi hasil temuan ini bahwa pendidik dapat meningkatkan kualitas dan mengembangkan profesionalnya dengan mengikuti berbagai pelatihan, dan pendampingan baik secara mandiri maupun dengan cara berkolaborasi khususnya dalam mendalami penilaian dalam kurikulum Merdeka.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024