Tadbir Muwahhid
Vol. 8 No. 2 (2024): Tadbir Muwahhid

Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Promosi Pada Yayasan Islam Lenterahati Dalam Meningkatkan Daya Saing

Husein, Muzakir (Unknown)
Muhammad Thohri (Unknown)
Mohamad Iwan Fitriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi bauran pemasaran promosi yang digunakan oleh Yayasan Islam Lenterahati dalam meningkatkan daya saing lembaga pendidikan mereka. Lembaga pendidikan sebagai penyedia jasa pendidikan harus terus berbenah dan memiliki inisiatif untuk meningkatkan kepuasan pelanggan peserta didiknya agar tetap kompetitif dalam persaingan antar lembaga. Strategi pemasaran yang efektif sangat diperlukan untuk memastikan eksistensi dan relevansi layanan pendidikan yang ditawarkan. Bauran pemasaran yang terdiri dari 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidence, dan Process) diterapkan untuk mencapai tujuan ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Yayasan Islam Lenterahati menggunakan berbagai media promosi, baik konvensional (seperti brosur dan spanduk) maupun non-konvensional (seperti media sosial dan website). Penggunaan media non-konvensional terbukti lebih efektif dalam menjangkau audiens yang lebih luas dan mengurangi biaya promosi. Selain itu, yayasan ini juga mengandalkan word of mouth dan kegiatan event sebagai strategi promosi yang efektif. Dengan pendekatan promosi yang konsisten dan inovatif, Yayasan Islam Lenterahati berhasil meningkatkan daya saing dan memperkenalkan lembaganya kepada masyarakat secara luas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JTM

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Education Other

Description

Jurnal Tadbir Muwahhid is a periodic scientific journal published in Indonesian Language published twice in a year on every April and October. The manuscript submission process is open year-round. All submitted manuscripts are reviewed with blind-peer reviews and editorial reviews before being ...