Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan yang dihadapi siswa kelas X di SMAN 5 Pontianak dalam menulis teks recount. Teks recount adalah genre tulisan yang menceritakan kembali peristiwa atau pengalaman masa lalu secara kronologis. Meskipun bersifat naratif, siswa sering kesulitan dengan berbagai aspek menulis teks recount, termasuk penggunaan bahasa, struktur, dan pengembangan konten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, memanfaatkan observasi, wawancara, dan analisis sampel tulisan siswa untuk mengumpulkan data. Temuannya menunjukkan bahwa kesulitan utama yang dihadapi siswa meliputi keterbatasan kosa kata, kesulitan dalam mempertahankan bentuk kata kerja yang tepat, kurangnya koherensi dan kohesi, dan tantangan dalam mengatur ide secara logis. Selain itu, siswa sering kali menunjukkan kurangnya pemahaman terhadap struktur teks recount, yang berdampak pada kualitas tulisan mereka secara keseluruhan. Studi ini menyimpulkan dengan menyarankan intervensi yang ditargetkan untuk mengatasi tantangan-tantangan ini, seperti program pengayaan kosa kata, latihan tata bahasa terfokus, dan instruksi eksplisit tentang struktur dan organisasi teks. Intervensi ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa dan kompetensi keseluruhan dalam memproduksi teks recount.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024