Meminimalkan beban kognitif siswa, terutama beban kognitif ekstrinsik yang tidak perlu, merupakan hal yang sangat penting agar materi yang disampaikan oleh guru dapat dengan baik diolah oleh siswa menjadi pengetahuan yang bermakna. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi tentang cara mengembangkan dan merancang strategi pembelajaran yang dapat mengurangi beban kognitif siswa. Metode penelitian ini adalah studi kepustakaan, dan data diperoleh melalui pencarian online menggunakan sumber seperti Google Scholar, Science Direct, dan Education Resources Information Center (ERIC). Artikel-artikel yang ditemukan kemudian dianalisis dengan metode analisis isi. Hasil dari penelitian ini mengidentifikasi berbagai strategi yang dapat digunakan dalam merancang pembelajaran matematika berdasarkan prinsip Cognitive Load Theory, seperti efek tanpa tujuan (goal-free effect), efek contoh kerja (worked example effect), efek perhatian terpecah (split-attention effect), efek redundansi (redundancy effect), efek modalitas (modality effect), efek interaktivitas elemen (element interactivity effect), efek imajinasi (imagination effect), dan efek redupnya panduan (guidance fading effect).
Copyrights © 2024