Muta'allim: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 3 No 4 (2024): Muta'allim: Jurnal Pendidikan Agama Islam

PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KOMPETENSI SOSIAL DOSEN FAKULTAS ILMU TARBIYAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN MAS SAID SURAKARTA

Al Gufron, Misbach (Unknown)
Suryo, Khuriyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2024

Abstract

Research on the social competence of lecturers reveals deficiencies in the ability to interact and behave effectively, as well as a lack of empathy and politeness in communicating. This shows the need for more attention in developing the social competence of lecturers. Therefore, this study aims to determine students' perceptions of lecturers' social competence. This study uses a descriptive quantitative approach to collect, analyze, and describe quantitative data systematically. This research was conducted in 2024 by providing questionnaires to Islamic Education students of UIN Raden Mas Said Surakarta class of 2020 through Google Form, with a total of 176 responses. This study used percentile data analysis to determine the value obtained. The results showed that the perception of Islamic Religious Education Students about the social competence of lecturers of the Faculty of Tarbiyah at Raden Mas Said University Surakarta had good criteria, especially in terms of objectivity, adaptability, empathy, and the ability to communicate effectively and politely. The majority of respondents agreed on all four indicators, with an overall average score of 66.20%. With these results, it can be concluded that the perception of students of the Islamic Religious Education study program class of 2020 about the social competence of lecturers is considered good.Abstrak Penelitian tentang kompetensi sosial dosen mengungkapkan adanya kekurangan dalam kemampuan berinteraksi dan bersikap secara efektif, serta kurangnya empati dan kesantunan dalam berkomunikasi. Hal ini menunjukkan perlunya perhatian lebih dalam mengembangkan kompetensi sosial dosen. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap kompetensi sosial dosen.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menggambarkan data kuantitatif secara sistematis. Penelitian ini dilakukan pada tahun 2024 dengan memberikan kuisioner kepada mahasiswa Pendidikan Agama Islam UIN Raden Mas Said Surakarta angkatan 2020 melalui Google Form, dengan jumlah respoden 176. Penelitian ini menggunakan analisis data percentil untuk mengetahui nilai yang didapatkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi Mahasiswa Pendidikan Agama Islam tentang kompetensi sosial Dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah di Universitas Raden Mas Said Surakarta memiliki kriteria baik, terutama dalam hal objektivitas, adaptabilitas, empati, dan kemampuan berkomunikasi efektif serta santun. Mayoritas responden menyatakan setuju pada keempat indikator tersebut, dengan rata-rata nilai keseluruhan sebesar 66,20%. Dengan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa persepsi mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam angkatan 2020 tentang kompetensi sosial dosen dinilai baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mjpai

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

Mutaallim Jurnal Pendidikan Agama Islam adalah sarana komunikasi dan publikasi ilmiah yang berasal dari hasil penelitian di bidang pendidikan agama Islam baik literatur library research maupun lapangan field research dengan berbagai pendekatan Jurnal ini terbit empat kali dalam setahun di bulan ...