Bahasa Indonesia yang dikenal sebagai salah satu pembelajaran tersulit perlu dilaksanakana secara tepat sehingga menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi teori kognitif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kurikulum Merdeka di kelas SD tingkat rendah dan tinggi. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dilaksanakan di SDN 05 Kotalama. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik wawancara mendalam terhadap guru kelas dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teori kognitif cukup sering diterapkan oleh guru karena sesuai dengan tuntutan Kurikulum Merdeka. Teori kognitif mendukung siswa untuk berproses secara natural tanpa adanya tekanan-tekanan tertentu yang berlebihan. Proses belajar yang natural itu terjadi karena guru mempertimbangkan tingkat kognisi siwa dan menguatamakan proses dibandingkan hasil. Teori kognitif juga mendukung siswa untuk belajar dari lingkungan dan pengalamannya sehingga pembelajaran berlangsung lebih menyenangkan. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya perbedaan implementasi teori kognitif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas rendah dan tinggi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024