Naturalistic : Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 9 No. 1 (2024): Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran

Konsep Pendidikan Multikultural Di Indonesia Dalam Pandangan Islam Dan Barat

Munasir, Munasir (Unknown)
Mahmudin, Wildan (Unknown)
Nahar, Agus Samsul (Unknown)
Muhidin, R Marpu (Unknown)
Ruswandi, Uus (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Pendidikan multikultural di Indonesia adalah upaya untuk memasukkan keragaman budaya ke dalam sistem pendidikan dengan tujuan membangun masyarakat yang inklusif, toleran, dan adil. Dari sudut pandang Islam, pendidikan multikultural bertujuan untuk mendidik siswa untuk memahami dan menghargai perbedaan budaya dengan berpegang pada prinsip-prinsip Islam universal seperti toleransi, keadilan, dan persamaan. Siswa diajarkan untuk menghargai dan menghargai keberagaman dan belajar hidup bersama dalam masyarakat yang plural. Sementara itu, perspektif Barat tentang pendidikan multikultural lebih menekankan pada penghargaan terhadap hak asasi manusia, demokrasi, dan keadilan sosial. Pendekatan ini bertujuan untuk melawan stereotip dan diskriminasi, serta mendorong kesetaraan melalui kurikulum yang mencerminkan keragaman budaya siswa. Kebijakan dan program di Barat seringkali membantu pendidikan multikultural diintegrasikan dengan minoritas. Pandangan Islam dan Barat tentang pendidikan multikultural harus diintegrasikan dalam konteks Indonesia karena masyarakatnya yang majemuk. Pendidikan multikultural di Indonesia diharapkan dapat menggabungkan nilai-nilai lokal dengan prinsip-prinsip global, menghasilkan generasi yang cerdas secara akademis dan peka terhadap keragaman budaya. Studi ini menemukan bahwa kolaborasi antara perspektif Islam dan Barat dalam pendidikan multikultural dapat memperkuat kohesi sosial dan mempromosikan perdamaian di Indonesia

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

naturalistic

Publisher

Subject

Education

Description

Lingkup artikel yang diterima adalah: 1. Metodologi Pembelajaran (Pendekatan, Media, Metode, Model, Strategi) 2. Pedagogik 3. Filsafat Pendidikan 4. Psikologi Pendidikan 5. Kurikulum 6. Pendidikan Agama 7. Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pembelajaran, IPA, IPS, PKn, B. Indonesia, Matematika, B. ...