Penelitian ini mengevaluasi platform website BIMO FILKOM UB dengan menerapkan prinsip-prinsip Heuristic Evaluation atau Heuristic Principles of Design untuk meningkatkan pengalaman pengguna (UX). Prinsip-prinsip ini, yang dikembangkan oleh Jakob Nielsen, mencakup sepuluh prinsip kegunaan yang bertujuan mengidentifikasi serta memperbaiki masalah dalam desain. Evaluasi mengungkapkan beberapa kelemahan pada desain BIMO, seperti kurangnya detail pada fitur rancangan mata kuliah, ketidakkonsistenan desain, dan kurangnya sistem pencegahan kesalahan. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti mengembangkan prototipe desain baru berdasarkan analisis heuristic. Eksperimen terdiri dari beberapa tahap: analisis kekurangan desain, eksperimen desain, uji coba dengan mahasiswa FILKOM UB, analisis hasil uji coba, serta tahap perbaikan dan validasi desain. Hasil uji coba menunjukkan bahwa desain baru yang dikembangkan berdasarkan prinsip heuristic lebih ramah pengguna dan meningkatkan kepuasan pengguna. Evaluasi dengan metode heuristic principles of design menunjukkan bahwa tiga dari empat hipotesis terkait waktu penyelesaian tugas, jumlah kesalahan, dan kepuasan menunjukkan peningkatan signifikan pada desain baru dibandingkan desain asli, sementara hipotesis tingkat keberhasilan tidak menunjukkan perbedaan signifikan. Penerapan rekomendasi berbasis prinsip heuristic design diharapkan meningkatkan pengalaman pengguna BIMO FILKOM UB, mendukung proses bimbingan akademik yang lebih efektif dan efisien. Penelitian ini juga memberi kontribusi penting bagi pengembangan UX/UI aplikasi pendidikan di masa depan.
Copyrights © 2024