Pada era teknologi yang semakin maju, permainan video telah menjadi bagian integral dari gaya hidup banyak orang terutama di kalangan generasi muda. Namun, fokus yang berlebihan pada permainan video yang umumnya dimainkan menggunakan keyboard atau joystick dapat mengurangi aktivitas fisik dan menyebabkan masalah kesehatan seperti obesitas, gangguan penglihatan, dan gangguan pola tidur. Serta, keterbatasan interaksi fisik dapat mengurangi sensasi nyata dari gerakan yang seharusnya ada dalam olahraga. Oleh karena itu, penggunaan teknologi diperlukan dalam pengembangan sebuah sistem untuk mengubah interaksi pemain dengan permainan yang menggunakan perangkat keyboard. Penelitian ini mengembangkan sistem tersebut dengan memanfaatkan sensor MPU6050 yang terpasang dalam sarung tangan tinju untuk merekam data gerakan tinju dari subjek pada posisi diam, pukulan jab, dan straight. Data tersebut kemudian diolah atau diproses menggunakan mikrokontroler ESP32 dengan algoritma Random Forest untuk mengklasifikasikan gerakan berdasarkan kategori tersebut. Gerakan - gerakan ini kemudian diterjemahkan menjadi input permainan, sehingga aksi fisik pemain secara langsung mempengaruhi aksi di dalam permainan. Penelitian ini mengevaluasi akurasi serta waktu komputasi yang diperlukan untuk responsivitas waktu nyata. Hasilnya menunjukkan bahwa sistem memiliki tingkat akurasi yang sangat tinggi, yaitu 100% pada setiap posisi gerakan (diam, jab, dan straight). Selain itu, waktu komputasi rata-rata sistem untuk mendeteksi setiap gerakan adalah 0,941783ms berdasarkan 120 kali pengujian yang dilakukan pada 4 subjek berbeda dengan masing - masing jenis gerakan diuji sebanyak 10 kali. Dengan demikian, dari segi perangkat keras maupun perangkat lunak mencapai keberhasilan 100% sesuai dengan fungsionalitas yang diharapkan.
Copyrights © 2025