Pendidikan abad 21 menuntut siswa untuk memiliki beberapa kompetensi. Situasi ini menuntut guru untuk merancang pembelajaran yang selaras dengan kondisi yang ada. Salah satu alternatifnya adalah penerapan problem-based learning, yaitu model yang berfungsi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Selain itu, penggunaan sumber belajar perlu diperhatikan karena dapat memengaruhi hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan dari implementasi problem-based learning berbantuan sumber belajar digital pada mata pelajaran Instalasi Perangkat Jaringan. Penelitian dilakukan dengan menerapkan pendekatan kuantitatif weak experimental dengan static group pretest-posttest design. SMK Negeri 3 Malang dipilih sebagai tempat penelitian. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling, dengan melibatkan 20 siswa XI TKJ Wirausaha (eksperimen) dan 20 siswa XI TKJ Akademik (kontrol). Tes dan kuesioner digunakan sebagai teknik pengambilan data dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis, nilai signifikansi untuk hasil belajar kognitif dan psikomotorik adalah 0,00 dengan effect size masing-masing -1,01 dan 1,05. Sedangkan nilai Sig. motivasi belajar sebesar 0,18. Kesimpulannya, ada perbedaan hasil belajar kognitif dengan pengaruh kuat dengan arah negatif, ada perbedaan hasil belajar psikomotorik dengan pengaruh kuat, dan tidak ada perbedaan motivasi belajar siswa dalam implementasi problem-based learning berbantuan sumber belajar digital pada mata pelajaran Instalasi Perangkat Jaringan.
Copyrights © 2025