Kemajuan teknologi telah membawa perubahan besar dalam dunia pendidikan, termasuk dalam variasi model pembelajaran. Salah satu pendekatan inovatif adalah integrasi model pembelajaran Problem-Based Learning dengan teknologi canggih seperti GitHub untuk kolaborasi dan ChatGPT sebagai asisten pembelajaran berbasis kecerdasan buatan. Pendekatan ini diharapkan mampu menjawab tantangan pembelajaran modern, khususnya dalam mata pelajaran yang menuntut keterampilan logika seperti pemrograman web. Tujuan penelitian yang dilakukan untuk menganalisis adanya pengaruh penerapan model Problem-Based Learning berbantuan GitHub dan ChatGPT terhadapat Hasil belajar dan Kemampuan Logika Pemrograman. Penelitian ini menggunakan metode weak experiment static group pretest-posttest. Sampel penelitian ini merupakan kelas XI PPLG 1 dan XI PPLG 3 untuk mata Pelajaran pemrograman web di SMKN 5 Malang. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis uji asumsi normalitas dan homogenitas kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa penerapan Problem-Based Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar aspek kognitif, psikomotorik, dan kemampuan logika pemrograman siswa, baik dengan atau tanpa bantuan teknologi seperti ChatGPT dan GitHub.
Copyrights © 2025