Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya sumber belajar dan keterbatasan waktu guru dalam mengajar yang menghambat proses pembelajaran. Teknologi informasi memberikan peluang untuk mengatasi masalah ini, salah satunya melalui model flipped classroom berbasis e-learning. Model ini mendukung fleksibilitas belajar, tetapi keberhasilannya tergantung pada partisipasi aktif siswa. Penelitian bertujuan menganalisis pengaruh flipped classroom pada mata pelajaran web content terhadap self-regulated learning dan hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri 3 Malang. Subjek penelitian terdiri dari 42 siswa, 21 siswa di kelas kontrol dengan metode konvensional dan 21 siswa di kelas eksperimen menggunakan flipped classroom. Metode yang digunakan adalah Weak Experimental Static-Group Pretest-Posttest Design dengan instrumen soal dan kuesioner yang telah diuji validitasnya. Uji data dilakukan menggunakan independent t-test untuk data yang memenuhi asumsi normalitas dan homogenitas, serta uji nonparametrik Mann Whitney U untuk data yang tidak memenuhi asumsi. Hasil penelitian menunjukkan flipped classroom memengaruhi hasil belajar psikomotor dengan perbedaan signifikan, tetapi tidak memengaruhi hasil kognitif maupun self-regulated learning secara signifikan
Copyrights © 2025