Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua
Vol 9, No 2 (2024): Metalingua, Edisi Oktober 2024

Penggunaan Moodle untuk Keterampilan Menulis Teks Eksposisi dalam Inovasi Pembelajaran Bahasa

Rahma, Yeny (Unknown)
Handoyo, Eko (Unknown)
Yulianto, Arief (Unknown)
Zulaeha, Ida (Unknown)
Purwati, Panca Dewi (Unknown)
Sumartiningsih, Sri (Unknown)
Widiarti, Nuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2024

Abstract

Telah banyak dilakukan penelitian mengenai Moodle, LMS terkenal, dan pengaruhnya terhadap berbagai aspek pendidikan. Akan tetapi, terdapat kekurangan yang signifikan dalam literatur mengenai penggunaan Moodle secara spesifik untuk meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pemahaman dan kemampuan siswa menulis teks eksposisi dan bagaimana penggunaan Moodle dalam meningkatkan kemampuan menulis teks eksposis. Melalui metode penelitian literatur review, penulis memilih 2 artikel dari 19 artikel terkait Moodle dan memilih 6 artikel dari 18 artikel terkait penulisan teks eksposisi untuk dianalisa. Dari hasil penelitian ini, siswa mampu menulis teks eksposisi dengan baik dengan pemahaman yang baik juga. Di samping itu, penggunaan Moodle dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa bahasa Inggris. Penggunaa Moodle lebih efektif daripada metode konvensional dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa, dengan hasil yang menguntungkan kelompok eksperimen. Implikasinya adalah peneliti lain bisa meneliti dampak penggunaan Moodle  untuk meningkatkan kemampuan teks eksposisi di sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

metalingua

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Metalingua journal is a journal that focuses on the problems that occurred in the field of education, language, and Indonesian literature. Metalingua facilitate the research of teachers, lecturers, postgraduate research students and experts who participate actively in the Indonesian language and ...