de Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 7 No. 2 (2024)

K Keterampilan Berpikir Komputasi Peserta Didik Dalam Memecahkan Masalah PISA Ditinjau Dari Gaya Belajar: Keterampilan Berpikir Komputasi Peserta Didik Dalam Memecahkan Masalah PISA Ditinjau Dari Gaya Belajar

Susanti, Dwi (Unknown)
Susanto, Susanto (Unknown)
Suwito, Abi (Unknown)
Firmansyah, Frenza Fairuz (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2025

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir komputasi peserta didik dalam memecahkan soal  masalah  Program for International Student Assesment (PISA) konten geometri. Subjek penelitian dipilih berlandaskan hasil angket gaya belajar VAK (Visual, Auditori, Kinestetik) dari 28 peserta didik kelas IX yang berusia 15 tahun. Kemudian peserta didik dikelompokkan  kedalam tiga jenis gaya belajar yaitu visual, auditori dan kinestetik. Dari setiap kelompok dipilih satu peserta didik sebagai sabjek penelitian dengan kemampuan matematika yang sama. Penelitian dilakukan dengan memberikan subjek satu masalah berupa soal PISA dengan konten geometri, kemudian dilanjutnkan dengan dilakukannya wawancara  oleh peneliti dengan subjek. Hasil dari pemecahan masalah soal PISA dan wawancara lalu dianalisis menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa  subjek dengan gaya belajar visual  dapat  memenuhi indikator  keterampilan berpikir komputasi yaitu dekomposisi dan pengenalan pola. Namaun pada indikator berpikir algoritma, generalisasi dan abstraksi subjek memenuhi namun kurang tepat. Subjek dengan gaya belajar Auditori hanya dapat memenuhi dua indikator keterampilan berpikir komputasi yaitu dekomposisi dan pengenalan pola. Sedangkan subjek dengan gaya belajar kinestetik dapat memenuhi semua indikator keterampilan berpikir komputasi yaaitu dekomposisi, pengenalan pola, berpikir algoritma sera generalisasi dan abstraksi

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

DEFERMAT

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal de Fermat adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Balikpapan. Terbit dalam dua kali setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. ...