Pemerataan pendidikan yang berkualitas merupakan salah satu tujuan utama pembangunan berkelanjutan. Di Indonesia, kesenjangan pendidikan masih menjadi tantangan signifikan yang mempengaruhi upaya pengentasan kemiskinan. Dalam rangka mengurangi kesenjangan ini, pemerintah meluncurkan kebijakan merdeka belajar, yang mencakup program magang dan studi independen bersertifikat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas program ini di PT. Cerdas Digital Nusantara dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa dan mendukung kemitraan industri-pendidikan. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini menganalisis data dari wawancara mendalam dan observasi di lapangan. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan keterampilan praktis mahasiswa dan penguatan hubungan antara dunia pendidikan dan industri. Kesimpulannya, program ini berkontribusi positif dalam meningkatkan kesiapan kerja mahasiswa, yang pada akhirnya mendukung pembangunan sosial-ekonomi berkelanjutan di Indonesia.
Copyrights © 2024