INDOPEDIA (Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan)
Vol. 2 No. 3 (2024): SEPTEMBER 2024

PENERAPAN PENILAIAN SEJAWAT DALAM KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS SEPULUH SMK PGRI 4 KEDIRI

Fisabil, Dani Nur Illa Hidiana (Unknown)
Kencanawati, Dewi (Unknown)
Riwayatiningsih, Rika (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2024

Abstract

Bahasa Inggris adalah bahasa penting dalam komunikasi internasional dan dipelajari di sekolah dan universitas di seluruh dunia. Pentingnya pendidikan Indonesia untuk memperkaya pengetahuan siswa tentang bahasa lain. Guru bertujuan untuk menggunakan metode yang tepat untuk memberdayakan indera peserta didik dan membangun keterampilan bahasa Inggris yang baik. Baik guru maupun peserta didik mungkin menghadapi kesulitan dalam mempelajari bahasa Inggris, seperti menemukan strategi pembelajaran yang tepat dan menerjemahkan makna bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Penilaian adalah proses sistematis yang mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan informasi untuk menentukan sejauh mana peserta didik dapat mencapai tujuan pendidikannya. Ada tiga jenis penilaian: penilaian diri sendiri, penilaian rekan sejawat, dan penilaian rekan sejawat. Penelitian ini berfokus pada penerapan penilaian teman sejawat dalam keterampilan berbicara di kalangan siswa kelas sepuluh di SMK PGRI 4 Kediri. Pendekatan penelitiannya adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini berfokus pada penggunaan penilaian teman sejawat dalam keterampilan berbicara, dengan fokus pada permasalahan yang ditemukan siswa di kelas. Temuan menunjukkan bahwa siswa terlibat aktif dalam proses Penilaian Sejawat dalam keterampilan berbicara di kelas sepuluh, dan rubrik penilaian yang digunakan memberikan panduan yang jelas. Namun, siswa menghadapi kendala dalam memberikan umpan balik yang konstruktif, seperti kurangnya pemahaman tentang kriteria penilaian, ketidakmampuan memberikan saran khusus untuk perbaikan, rendahnya keterampilan komunikasi, dan bias pribadi. Terlepas dari tantangan-tantangan ini, Peer Assessment memberikan manfaat yang berharga bagi perkembangan siswa, seperti belajar dari teman-teman yang berbahasa Inggris, mendapatkan wawasan tentang kekuatan dan kelemahan, dan memberikan umpan balik untuk meningkatkan keterampilan berbicara.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Education

Description

INDOPEDIA : Journal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan contains writings/articles on the results of thoughts and research results written by teachers, lecturers, experts, scientists, practitioners, and reviewers in all disciplines related to Education and Teaching. Scopes INDOPEDIA : Journal ...