INDOPEDIA (Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan)
Vol. 2 No. 4 (2024): DESEMBER 2024

ANALISIS KOMPARATIF TERHADAP TULISAN ARGUMENTATIF MAHASISWA MELALUI TOPIK YANG DAPAT DIPERDEBATKAN DAN YANG TIDAK DAPAT DIPERDEBATKAN

Kamariah, A. (Unknown)
Hajar, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian tulisan argumentatif mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris Program Sarjana Terapan UNM dengan menggunakan topik yang dapat diperdebatkan dan yang tidak dapat diperdebatkan dalam lima komponen tulisan, yaitu isi, organisasi, kosa kata, struktur, dan mekanika. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi. Penelitian ini melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Setiap kelompok terdiri dari 38 mahasiswa. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik pengambilan sampel klaster. Penulis menggunakan tes menulis baik pada kelompok kontrol (tulisan mahasiswa menggunakan topik yang tidak dapat diperdebatkan) maupun pada kelompok eksperimen (tulisan mahasiswa menggunakan topik yang dapat diperdebatkan). Data yang diperoleh melalui tes dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Dalam melakukan penelitian ini, penulis menerapkan topik yang dapat diperdebatkan sebagai media untuk meningkatkan pencapaian tulisan argumentatif mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pencapaian tulisan mahasiswa antara pretest dan posttest pada kelompok eksperimen setelah perlakuan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan topik yang dapat diperdebatkan meningkatkan pencapaian tulisan argumentatif mahasiswa dan lebih produktif dibandingkan dengan penggunaan topik yang tidak dapat diperdebatkan. Hal ini dibuktikan dengan hasil statistik deskriptif dan inferensial dalam menguji skor mahasiswa baik pada pretest maupun posttest.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Education

Description

INDOPEDIA : Journal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan contains writings/articles on the results of thoughts and research results written by teachers, lecturers, experts, scientists, practitioners, and reviewers in all disciplines related to Education and Teaching. Scopes INDOPEDIA : Journal ...