Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha
Vol. 14 No. 3 (2024)

PENGGUNAAN MEDIA AKUN TIKTOK LISTATSURAYYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR : USING THE MEDIA OF THE TIKTOK ACCOUNT OF LISTATSURAYYA TO IMPROVE THE ABILITY OF WRITING PROCEDURE TEXTS

Br Sembiring, Grecia Piorentina (Unknown)
Rasna, I Wayan (Unknown)
Martha, I Nengah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan media akun TikTok Listatsurayya untuk meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur dan respons siswa dalam pembelajaran.  Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas Vll 3 SMP Negeri 2 Singaraja dan guru Bahasa Indonesia di kelas tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa akun tiktok Listatsurayya dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran di kelas VII 3 SMP Negeri 2 Singaraja, penggunaan media akun TikTok Listatsurayya terbukti dapat meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII 3 SMP Negeri 2 Singaraja, dan respons siswa terhadap penggunaan TikTok Listatsurayya menunjukkan peningkatan dalam menulis teks prosedur. Sebelum tindakan, nilai rata-rata siswa adalah 69 (cukup). Namun, setelah tindakan dilakukan nilai rata-rata pada siklus 1 meningkat menjadi 72,65 (cukup) dan pada siklus dan pada siklus II meningkat menjadi 83,62 (baik). Peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II adalah 10,97%. Respon siswa pada siklus I, rata-rata skor siswa 34,28 kategori positif, siklus II naik menjadi 34,5 dalam kategori positif

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JJPBS

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesia Language ...