Widya Balina :Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ekonomi
Vol. 9 No. 2 (2024): Jurnal Widya Balina

Pengaruh Kondisi Geografis Terhadap Pendidikan Dasar Di Indonesia: Studi Literatur Pada Pendidikan SD/MI

Nabila, Putri (Unknown)
Tinendung, Hasraful Fadila (Unknown)
Kurniasih, Lili (Unknown)
Efendi, Meifa Tazkia (Unknown)
Hasibuan, Tiasyah (Unknown)
Yusnaldi, Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2024

Abstract

Abstrak. Indonesia, dengan kondisi geografisnya yang luas dan beragam, menghadapi tantangan dalam memberikan pendidikan yang merata, khususnya di tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI). Faktor geografis memengaruhi aksesibilitas, kualitas fasilitas, dan distribusi tenaga pengajar di wilayah terpencil dan pedesaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kondisi geografis terhadap pendidikan dasar di Indonesia melalui studi literatur. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan mengkaji jurnal, laporan pemerintah, serta data dari Badan Pusat Statistik (BPS). Hasil kajian menunjukkan bahwa wilayah terpencil memiliki akses pendidikan yang terbatas, fasilitas yang tidak memadai, dan kekurangan tenaga pengajar. Oleh karena itu, diperlukan kebijakan yang terfokus untuk menangani ketimpangan ini demi meningkatkan kualitas dan pemerataan pendidikan di seluruh wilayah Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

wb

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

The contents of the journal cover the scientific fields of Education and Economics including: Economic Education (Accounting, Office Administration and Marketing) Monetary Economy Public Economy Industrial Economy International Economy Human Resource Economics Natural Resource Economics ...