Guru wajib melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan yang mencakup pengembangan diri, publikasi ilmiah, maupun pengembangan karya inovatif. Permasalahan yang dialami guru-guru yang tergabung dalam KKG gugus Gajahmada, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang berkaitan dengan hal tersebut adalah kesulitan untuk meningkatkan profesionalisme pada kepenulisan. Kegiatan pengabdian dalam bentuk pengembangan keprofesian berkelanjutan melalui pendampingan penulisan artikel jurnal sangat penting untuk dilakukan mengingat kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah oleh guru-guru masih kurang optimal. Sasaran pada kegiatan ini adalah guru-guru di Gugus Gajahmada yang terdiri dari perwakilan guru dari 7 SD (negeri maupun swasta). Metode pelaksanaan kegiatan terdiri dari: pengisian angket/kuesioner sebagai penilaian kemampuan awal, pemaparan materi untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan penulisan artikel jurnal, pendampingan penulisan artikel jurnal melalui pendekatan klasikal, kemudian kelompok kecil atau individu, pengarahan untuk publikasi ke jurnal target dengan bekerja sama dengan beberapa jurnal, Guru kembali mengisi angket/kuesioner sebagai penilaian diri setelah kegiatan pendampingan. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan penulisan artikel jurnal, sehingga berdampak pada kualitas tulisan yang dihasilkan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024